Kamis, 30 Januari 2014

Netiket Kebidanan di Dunia Maya



Menurut Suryaningsih (2006) aturan netiket adalah sebagai berikut :
1.   Jangan menggunakan huruf kapital
penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak.
2.   Mengutip seperlunya
Ketika peserta forum ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya bagian yang dikutip adalah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin ditanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi terganggu.
3.   Hati-hati dalam mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Sebelum mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya.
4.   Perlakuan terhadap pesan pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message),anggota forum tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum, kelompok grup, atau milis.
5.   Jujur dalam mencantumkan sumber dan/atau penulis
6.   Menggunakan ejaan yang sopan dan dapat di pahami
7.   Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
8.   Jangan suka mengganggu dan iseng
    walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk
    melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan
    konsentrasi.
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
a. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda- beda.
b. Pengguna internet merupakan orang–orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
c. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal – hal yang tidak seharusnya dilakukan.
d. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru di dunia maya tersebut.

1 komentar:

  1. Menurut pendapat saya, ke delapan aturan netiket di atas sudah sangat baik dan penting bagi kita sebagai pengguna dunia maya. Tetapi saya tidak setuju dengan alasan pentingnya etika dalam dunia maya yang point b (pengguna internet merupakan orang–orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi). Seharusnya mereka sebagai pengguna dunia maya yang baik,harus jujur dalam menuliskan identitasnya karena apabila tidak jujur berakibat fatal, seperti terjadinya penipuan dan kejahatan. Misalnya facebook oleh para pengguna di gunakan sebagai ajang cari jodoh, di identitas di tuliskan berprofesi sebagai dokter kemudian si perempuan tertarik dan mereka janjian untuk bertemu. Pada kenyataannya semuanya berujung dengan penculikan.




    BalasHapus